Senin, 05 Oktober 2020

Pengalaman Bermain Crash Bandicoot Series PS 1

Siapa yang tidak tahu Crash Bandicoot? salah satu ikon dari konsol Ps1. Gamenya ada banyak di konsol ini. Mulai dari genre racing, party hingga platform. Dari genre game Crash Bandiccot yang ada saya penasaran dengan genre platform. 
Apa sih game platform Crash Bandicoot. Setelah mencari-cari akhirnya saya memainkan salah satu series terkenalnya yaitu Crash Bandicoot series. Crash Bandicoot series yang saya maksudkan yaitu crash bandicoot 1,2 dan 3. Ada series yang lain seperti CTR (Crash Team Racing) dan Crash Bash. 2 game ini mempunyai gameplay berbeda dari 3 game yang akan saya bahas kali ini. Berikut pendapat saya setelah bermain game Crash Bandicoot 1,2 dan 3 :

  • Crash Bandicoot 1 
Game dimulai saat Crash bangun. Ikuti jalan, hancurkan kotak satu persatu. Buah yang dikumpulkan akan berubah menjadi 1 nyawa jika berjumlah 100. Di ujung setiap stage akan ada portal di atas batu, itu menandakan bahwa stage berhasil diselesaikan. Jika Pemain bisa menghancurkan semua kotak dalam 1 stage maka pemain akan diberi diamond. Setiap menyelesaikan stage Pemain akan diberi tahu berapa kotak yang pemain belum hancurkan. Beberapa stage ada bonus round. Cara memasukinya, pemain harus mengumpulkan 3 wajah npc game Crash Bandicoot dalam 1 stage. Setelah terkumpul Crash otomatis diteleport ke bonus round. 
Di setiap pulau pemain akan melawan bos dengan kekuatan unik. Untuk save game pemain tidak bisa selalu melakukannya setiap saat. Ada beberapa stage setelah pemain menyelesaikannya baru bisa save atau bisa juga pemain menyelesaikan bonus round. Game ini juga ada story-nya, walaupun dalam bentuk clip video. Sebelum bos terakhir ada stage dimana pemain harus mendapat semua diamond untuk bisa menyelesaikan stage ini. Mungkin di stage adalah langkah untuk mendaptkan 100% complete the game.
Enjoy the game Bro/Sis!!

Pendapat : Awalnya sih mudah tapi semakin maju semakin sulit rintangan yang harus dilewati. Ini bukan Crash Bandicoot yang pertama saya mainkan namun kesan setelah menamatkan game ini  yaitu emosi, marah dan kesal. Apalagi di salah satu stage dimana Crash harus melewati jembatan tetapi pijakannya tidak terlihat 'aduh itu sih ngeselin banget'. Butuh waktu lama saya menamatkan game ini. Tingkat kesulitan game ini berada di tingkat tertinggi dari series Crash Bandicoot. Saya hanya menamatkan game ini 76%. 'Kenapa gak 100%?' Cape Pak emosi terus main game ini. Pesan saya jika main game ini 'Tolong jangan hancurkan joystik Anda :) '. Berikut beberapa screenshot gameplay yang saya mainkan :


  • Crash Bandicoot 2 : Cortex Strike's Back
Sequel kedua dari Crash Bandicoot menceritakan dokter Cortex yang ingin balas dendam ke Crash. Gameplay game ini di-improve menjadi lebih baik dengan ditambahkannya 'tackle'. Gunakan 'O atau R1 untuk melakukannya. Kombinasi dari O/R1 + X [tackle + loncat] membuat Crash bisa meloncat lebih tinggi. 

Jika di Crash Bandicoot pertama, pemain tidak mendapatkan apa-apa setelah menyelesaikan stage maka di sini pemain mendapatkan crystal ungu. Benda ini dikumpulkan sampai 5 agar bisa menaiki stage di lantai atas dan melawan bos. 
Diamond juga bisa pemain kumpulkan untuk menamatkan game 100% dan masuk ke stage rahasia. Untuk bisa masuk stage rahasia ini pemain harus mengumpulkan 5 diamond berwarna [kecuali silver].
Setelah mendapatkan 5 crystal ungu pemain harus berdiri di batu yang ada di tengah-tengah lalu tekan arah 'atas', Crash akan naik lift untuk melawan bos, setelah menang pemain berada di lantai 2. Semua stage berjumlah 25 stage + 5 stage rahasia. Saya lupa beri tahu, kalau ingin masuk ke bonus round pemain harus mencari tempat yang ada simbol tanda tanya ' ? '. Pemain langsung otomatis dipindahkan ke bonus stage.

Pendapat : Lebih seru dari yang pertama karena penambahan gameplay, stage unik dan cara save yang lebih mudah. Tidak sesulit yang pertama tapi kalau saya boleh menilai tingkat sulitnya itu 'sedang'. Saya suka dengan game ini saat dikejar polar dan saat naik polar itu seru banget. Ada juga stage saat Crash jadi astronot. Itu stage menyebalkan sih karena kontrol saat Crash terbang sulit. Saya menamatkan game ini 100% puas banget setelah game tamat. Di lantai 2 pemain bisa mendapatkan nyawa gratis dengan cara menginjak-injak Polar sambil melompat. Terus lakukan sampai nyawa muncul [hanya bisa dilakukan sekali]. Game ini menjadi penutup trilogy series yang saya mainkan.


  • Crash Bandicoot Warped/Crash Bandicoot 3
Series terakhir dari trilogy Crash Bandicoot. Sebuah klimaks yang benar-benar memuaskan. Mulai dari gameplay yang lebih bagus, perpindahan dari satu stage ke yang lain lebih mudah dan stage-stage yang tambah unik dan seru. 

Crash Bandicoot 3 menceritakan sosok jahat yang menyerang dunia dan Crash berusaha menyelamatkannya. Hampir 90% game ini persis dengan series kedua. Sisanya itu skill Crash yang didapat setelah melawan setiap boss dan juga mode time trial. Mode untuk melihat seberapa cepat pemain menyelesaikan stage. Pemain harus menyelesaikan stage kurang dari waktu yang tertera. Pemain mendapat kunci biru atau emas sebagai hadiah dari menyelesaikan time trial 

Ada 25 stage + 5 stage tambahan, seperti biasa jika ingin memasuki stage tersembunyi Anda harus mengumpulkan semua crystal, diamond dan kunci dari 25 stage sebelumnya.

Pendapat : Game pertama dari trilogy yang saya mainkan. Crash Bandicoot 3 merupakan game terpopuler dari 2 pendahulunya dan juga tingkat kesulitan game ini 'mudah'. Sebuah penutup trilogy series Crash Bandicoot yang memuaskan!!



Sebuah pengalaman bermain yang menyenangkan dari series ini. Walaupun ada rasa kesal di beberapa stage tapi seru. Sebenarnya ada cheat untuk game ini. Anda bisa mencarinya di website lain atau bisa buat sendiri cheatnya. Terima kasih banyak!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar